Selasa, 05 Juli 2011

Antologi Esai Mahasiswa Indonesia (hasil Sayembara Esai tingkat Mahasiswa se-Indonesia) 2010


Daftar Isi:

Mahasiswa dalam Perspektif Kearifan Lokal Masyarakat Sunda; karya Suguh Kurniawan, dari Universitas Widyatama Bandung, Jawa Barat.

Konsepsi Hak Asasi Berbudaya: Peretas Problematika Hak Asasi Manusia; karya Angga Aryo Wiwaha, dari STAIN Purwokerto, Jawa Tengah.

Internalisasi Ideologi dan Kompetensi Mahasiswa sebagai Human Rights Defender yang Lebih Bermartabat Sesuai Amanat Pembangunan; karya Muh. Ikhsan Hariadi, dari Universitas Airlangga, Surabaya.

Islam, HAM, dan Mahasiswa; Reposisi Mahasiswa sebagai Human Rights Defender; karya Khafif Amrizal, dari IAIN Walisongo, Semarang.

Kontribusi, Bukan Sekedar Prestasi; karya Ahmad Rifa’I Rif’an, dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Aksesibilitas Penyandang Cacat Terhadap Pendidikan Tinggi: Sebuah Isu HAM di Lingkungan Kampus yang Terlupakan; karya Joan Radina Setiawan, dari Universitas Indonesia, Jakarta.

Demo Mahasiswa: Perjuangan atau Pelanggaran Hak Asasi Manusia; karya Loni Hendri, dari UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Berawal dari Halaman Rumah Sendiri, Berakhir dengan Seluruh Dunia di Bawah Rangkulan; karya Citra Nandini, dari Universitas Indonesia, Jakarta.

Membela HAM di Atas Rel Community Development; karya Bintang Bergas Cendikia, dari Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat.

Jalan Mahasiswa: Bersuara, Bergerak, dan Berjuang; karya Ni Luh Putu Satyaning Pradnya Paramita, dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Balada Persenjataan Satpol PP Mengatasi Aksi Vandalisme Mahasiswa Demonstran: Upaya Pendekatan Persuasif Dan Humanis Penyelesaian Konflik Demokrasi Terkait Hak Asazi Manusia, karya I Gede Candra Kardana Noprasetyo, dari Universitas Udayana, Bali.

Pembela Kecil yang Berarti Besar; karya M. Majid Al-Hakim, dari Universitas Nusantara PGRI, Kediri.

Ketika Hak Supir Angkot Terpenuhi, Hak Hajat Hidup Orang Banyak Pun Dapat Terwujud; karya Cut Irna Setiawati, dari Institut Manajemen Telkom Bandung, Jawa Barat.

Belajar dari Idealisme Soe Hok Gie; karya Ananda Putri Permatasari, dari Universitas Indonesia, Jakarta.

Gerakan Mahasiswa Pembela HAM, Tunjukkan Kembali Taringmu Seperti di Gerakan 1998; karya Yudha Duta Utama, dari Universitas Diponegoro, Semarang.

Modal Sosial Gerakan Mahasiswa: Mendayagunakan Modal Sosial untuk Memulihkan Citra Positif Gerakan Mahasiswa sebagai Pembela HAM; karya Silvester Valentine, dari STMIK MKROSKIL, Medan.

Locke: Triple C, Sebuah Pemaknaan untuk ‘Green’ HAM; karya Noor Aspasia, dari Institut Pertanian Bogor.

Pergerakkan Mahasiswa Demi Perbaikan Bangsa; karya Fadhli Dzil Ikram, dari Universitas Brawijaya, Malang

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites