Rabu, 10 Juli 2013

SAYEMBARA MENULIS CERPEN UKM BELISTRA FKIP UNTIRTA 2013





UKM Belistra FKIP Untirta kembali menggelar Sayembara Menulis Cerpen 2013 untuk mahasiswa di Perguruan Tinggi seluruh Indonesia

Syarat
1.Peserta adalah mahasiswa D3/S1 perguruan tinggi di Indonesia,
2.Peserta hanya dibolehkan mengirimkan satu naskah cerpen terbaiknya,
3.Tema bebas,
4.Naskah cerpen bermuatan eksperimentasi, eksplorasi, dan inovatif, baik tema, visi, maupun teknik penyajian,
5.Panjang cerpen tidak dibatasi,
6.Naskah cerpen merupakan karya sendiri, bukan saduran, terjemahan, atau plagiat,
7.Naskah cerpen belum pernah dipublikasikan di media massa cetak dan atau elektronik, dan tidak sedang diikutkan dalam lomba/sayembara lain,
8.Naskah cerpen ditik menggunakan huruf Time News Roman, 12 pt, spasi 1.5, margin 3,3,3,3 cm, kertas A4,
9.Biodata penulis dilampirkan pada halaman terakhir naskah, dan tidak lebih dari satu halaman,
10.Lampirkan fotokopi (scan) Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) atau surat keterangan lain yang menyatakan bahwa peserta adalah mahasiswa D3/S1,
11.Naskah cerpen dikirim paling lambat  10 September 2013, pukul 24.00 WIB,
12.Naskah cerpen dikirim ke alamat e-mail: sayembaracerpenbelistra2013[at]gmail[dot]com, cc: ukmbelistra[dot]fkip[at]yahoo[dot]com,
13.Naskah cerpen yang dikirim menjadi milik panitia, hak publikasi ada pada panitia, dan hak cipta tetap pada penulis,
14.Pengumuman pemenang pada pekan kedua bulan Oktober 2013, di blog: ukmbelistra.blogspot.com,
15.Dewan juri akan memilih 20 naskah terbaik (jawara I, II, III, dan 17 nominie) yang akan dibukukan ke dalam buku antologi pemenang,
16.Keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu-gugat.


Hadiah
Jawara I uang tunai Rp 1.000.000,- + Sertifikat + Piala + Buku Antologi Pemenang
Jawara II uang tunai Rp 750.000,- + Sertifikat + Buku Antologi Pemenang
Jawara III uang tunai Rp 500.000,- + Sertifikat + Buku Antologi Pemenang
17 nominie mendapatkan sertifikat + Buku Antologi Pemenang

Dewan Juri
Oka Rusmini - Raudal Tanjung Banua Chavchay Syaefullah.

Narahubung:
Fajar Timur (0857 8004 4325)
Femina Favorita (0896 2064 9522)

Fb: UKM Belistra Untirta
Twitter: @ukmbelistra

Sekretariat: Jl. Raya Jakarta Km. 04, Kampus Untirta Serang, Gedung PKM B Bawah Tangga, Pakupatan, Kota Serang, 42100, Banten.

30 komentar:

panjang cerpen maksimal berapa halaman? terimakasih (^__^)

NB: Sayembara ini gratis/tidak dipungut biaya

Apakah bisa semua peserta diberikan sertifikat tanda bukti keikutsertaan SAYEMBARA MENULIS CERPEN UKM BELISTRA FKIP UNTIRTA 2013 walau hanya dalam bentuk softcopy ?

Apa bisa semua peserta diberikan sertifikat tanda bukti keikutsertaan SAYEMBARA MENULIS CERPEN UKM BELISTRA FKIP UNTIRTA 2013 walau hanya dalam bentuk softcopy ?

Bagaimana Apabila Ada Karya Yang Copyan ?

Poin 4 itu maksudnya gimana?

boleh dijelaskan lebih lanjut maksud daei poin 4? atau adakah contoh cerpen di blog ini yang seperti yang dimaksud pada poin ke 4? terimakasih

Bahasa Indonesia yang baik dan benar apakah juga termasuk dalam penilaian?

minta tolong jelaskan syarat no 4 dong... terima kasih :)

Mantap lombanya, ditunggu lomba-lomba berikutnya. Harus dipelajari dulu ni, karya-karya dari jurinya.

Bagi pemenang, apa nanti hadiahnya akan di kirim paket atau harus ambil sendiri?

maksudnya poin 4: Naskah cerpen bermuatan eksperimentasi, eksplorasi, dan inovatif, baik tema, visi, maupun teknik penyajian itu bagaimana ya?

kakak..biodata terlanjur di file terpisah,bgmn?

-Inti dari poin ke-4 yakni naskah yang potensial masuk nominasi adalah naskah yang lan dari yang biasanya (eksperimentasi), menggali tema, tokoh, alur -dsb- (eksplorasi); serta cara penyajian naskah yang belum pernah ada sebuelumnya -tema, teknik penulisan, gaya tutur dsb- (Inovasi)

Bagaimana jika ada cerpen yang copyan (Jiplakan/Plagiat)?
Dewan juri adalah orang yang telah menggeluti dunia kepenulisan selama puluhan tahun. Beliau-beliau sudah tentu dapat membedakan cerpen mahasiswa dengan cerpen karya cerpenis nasional (walaupun ada beberapa mahasiswa S1/D3 yang sudah dianggap cerpenis nasional). karena pada umumnya penjiplakan terjadi pada cerpen-cerpen yang dipublish di koran digital atau cerpen di koran cetak yang dipublish ulang di blog/website. Sebelum menyerahkan ke juri, kami juga melakukan penyortiran dan pendataan. Jadi secara tidak langsung kami juga melakukan peminimalisiran bagian-bagian yang teridentifikasi melakukan plagiarisme.
namun, untuk penjiplakan yang terjadi pada karya teman atau orang dekat, jujur kami belum bisa mengidentifikasinya. Ya, marilah bersama-sama berdoa, semoga perilaku takterpuji tersebut tidak terjadi pada pelaksanaan sayembara ini.

Dua puluh naskah yang masuk nominasi akan kami bukukan. bagi penulisnya akan kami undang ke Untirta dalam acara Malam Anugerah dan Pemberian hadiah. Namun, bagi nomine yang tidak bisa datang pada malam anugerah, paket hadiah akan kami kirim via Pos/JNE/Tiki.

maaf mba tolong cek dong,,,naskah aku udah masuk belum ya atas nama yuli yanti q ngirimnya tadi pagi?

makasih

tolong di cek diemail naskah aku udah masuk belum ya mas/mba atas nama yuli yanti aku kirimnya tadi pagi?

format biodatanya seperti apa ? apakah di deskripsikan ?

Biodata yg dibutuhkan apa aja?

Boidata berbentuk narasi. Berisi informasi umum mengenai penulis (nama, alamat, fak/jurusan/PT, no ponsel, email, dan sebagainya).
contoh biodata narasi:

Budi Anduk adalah nama pena dari Ahmad Budi. mahasiswa semester V Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Maju Terus. berdomisili di jl. gatot kaca, no.32, Tangerang Selatan. karyanya pernah dimuat di koran Radar Pontang, Harian Pakupatan Post, Majalah Sorry, dan Tabloid Galau. juga termaktub dalam antologi Cerpen Mengejar Mbak-mbak (aneh Publishing: 2010), Antologi Puisi Sayap Bidadari (Self Publishing: 2012), dan antologi Status Galau (Galau press: 2013). No ponsel: 0878 xxxx xxxx. email: blablablabla@yahoo.com.

Bagaimana jika cerpen telah dikirim namun biodata tidak dalam bentuk narasi? Karena di persyaratan nomor 9 tidak dituliskan bahwa biodata harus bersifat deskriptif. Terima kasih. :)

saya sudah kirim cerpen. apa ada posting data siapa2 saja yg sudah di trima cerpennya. ?
sebagai tanda kalau naskah kita sudah terkirim dan diterima.
trim..

Yaaahh udah terlanjur nggak bikin biodata bentuk narasi, gimana dong??

Yaaahh udah terlanjur nggak bikin biodata bentuk narasi, gimana dong??

Daftar pesertanya kapan kak diinformasikan?

Punya saya sudah masuk belum min ? soalnya katanya kemarin ga bisa dibuka lewat google drive. Tetapi sudah saya kirim ulang :(

waduh saya kirim biodata ga se ekspresif itu. bagaimana yah apakah bisa terekrut atau kepilih menjadi nomine?

bagaimana jika karya-karya yang lain tidak masuk 20 nomine ? apakah tetap mendapatkan sertifikat ?

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites